Pastikan Kualitas Air Minum Terjamin, Puskesmas Blooto Punya Air Padulur DAM

Mojokertopos.com : Puskesmas Blooto memiliki inovasi Air Padulur DAM. Program ini merupakan kepanjangan dari Alarm Pengingat Pengambilan Sampel pada Paguyuban Sedulur Pengusaha Depo Air Minum.

 

“Inovasi ini dibuat untuk memudahkan tim kesehatan lingkungan dalam melakukan pemantauan terhadap kualitas depo air minum yang ada di wilayah kerja Puskesmas Blooto,” ujar Kepala Puskesmas Blooto, dr. Shofia Kurniawanti, Selasa (6/12/2022).

 

Berbagai rangkaian kegiatan dalam program ini yaitu melakukan inspeksi Kesehatan lingkungan depo air minum sesuai dengan Permenkes 43 Tahun 2014 tentang Higiene Sanitasi Depot Air Minum, memanfaatkan google kalender sebagai pengingat kapan waktu pengambilan sampel air pada DAM, serta pengambilan sampel air minum yang selanjutnya diuji di Labkesda Kota Mojokerto.

 

Pengujian tersebut menjadi dasar Puskesmas Blooto dalam melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi kepada pemilik Depot Air Minum (DAM) di wilayah kerja puskesmas antara lain di Kelurahan Surodinawan, Blooto dan Prajurit Kulon.

 

“Kebutuhan konsumsi air minum dalam keseharian masyarakat sangat tinggi. Sehingga program ini merupakan ikhtiar kami untuk memastikan air yang dikonsumsi masyarakat berkualitas, baik untuk kesehatan masyarakat,” pungkas dr. Shofia. (Tik)

 

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *