Pembangunan Pasar Hewan Terpadu Kota Mojokerto Wujudkan Pasar Hewan Sehat

Mojokertopos.com : Revitalisasi Pasar Sapi Sekarputih Kota Mojokerto sudah mulai terlaksana. Tampak para pekerja tengah mengerjakan pembangunan lantai dan atap untuk pasar sapi serta pembangunan sekat, plesteran dinding dan pemasangan batu expose untuk pasar ayam ketika Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari melakukan peninjauan pada Kamis (3/11).

 

Ning Ita, sapaan akrab wali kota menyampaikan bahwa pasar hewan ini nantinya akan menjadi pasar sentralistik untuk hewan dan akan menjadi satu dengan Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Mojokerto.

 

“Selain menjadi satu dengan RPH, pasar hewan ini nantinya akan dilengkapi dengan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sehingga tidak mencemari lingkungan,” jelasnya. Ia juga menambahkan bahwa untuk pemotongan hewan nantinya juga akan dilakukan sesuai syariat halal.

 

Sementara itu Kepala Bidang Penataan Ruang, Bangunan Bina Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP) Kota Mojokerto Yustian Suhandinata menjelaskan bahwa berdasarkan hasil lelang proyek pembangunan pasar hewan terpadu Kota Mojokerto saat ini sedang dikerjakan oleh CV Cipta Inti Manunggal.

 

“Kontrak dengan CV. Cipta Inti Manunggal sejak tanggal 8 Oktober 2022 lalu dengan waktu pengerjaan selama 130 hari kalender,” jelas Yustian.

 

Masih kata Yustian, pembangunan pasar diperkirakan selesai sebagaimana yang telah dijadwalkan. “Saat ini pekerjaan sudah terlaksana sebesar 55,02%. Ini sudah melebihi dari target yang seharusnya mencapai dari 48,5%. Jadi akan selesai sesuai yang dijadwalkan yaitu 17 Desember 2022 mendatang,” terangnya.

 

Yustian menambahkan bahwa sebagaimana arahan wali kota, bahwa seluruh pasar akan tertutup pagar dengan akses masuk dari sisi utara atau Jalan Sekarputih. “Nantinya juga akan ada jalan akses ke RPH yang letaknya bersebelahan dengan pasar hewan ini,” pungkasnya.(Tik)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *