Polres Mojokerto Bentuk Satgas Donor Plasma Konvalesen

Mojokertopos.com, MOJOKERTO – Pada hari ini, Kamis 21 Januari 2021, Polres Mojokerto bersama stakeholder terkait Pemda, Kodim dan Kejaksaan membentuk satgas donor plasma konvalesen dalam rangka memfasilitasi masyarakat yang positif Covid-19 agar segera sembuh.

 

Kapolres Mojokerto AKBP Donny Alexander mengatakan, donor plasma konvalesen sangat efektif untuk membantu proses kesembuhan. Nantinya plasma darah diuji di sidoarjo. Kemudian pihak sidoarjo akan memberi undangan jika plasma konvalensen telah memenuhi syarat. Jadi, nantinya Mojokerto jadi punya Donor Plasma Konvalesen sendiri.

 

“Prioritas penerima plasma konvalensen adalah pasien gejala berat dan pasien yang sangat membutuhkan. Karena survey yang telah kita lakukan bersama di Jakarta dan kota besar lainnya plasma konvalensen sangat efektif untuk menyembuhkan pasien postif covid-19, ujar Kapolres Mojokerto.

 

Masih kata Kapolres Mojokerto, untuk tahap pertama pada hari ini ada 50 orang yang telah sembuh dari covid-19 mendonorkan darahnya yang nantinya akan diproses untuk pendonoran plasma darahnya.

 

“Untuk tahap kedua, akan kita siapkan posko lagi nanti dengan bekerjasama sama dengan PMI. Mekanismenya pendonor plasma ini akan kita cocokkan datanya di Dinas Kesehatan dan diuji di Sidoarjo. Jika memenuhi syarat baru kita donorkan plasma konvalesennya. Mari kita sama-sama membantu sedikit plasma darah kita untuk menyelamatkan nyawa orang lain,” tutup Kapolres Mojokerto.

 

Sebagai informasi, plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari cor koona. (Tik)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *