Resmikan Kantor Desa Brangkal, Bupati Ikfina Berharap Tingkatkan Pelayanan dan Ekonomi Masyarakat

Mojokertopos.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan secara langsung Kantor Desa Brangkal, Kecamatan Sooko. Pada momen itu, Ia berharap dengan diresmikannya Kantor Desa Brangkal yang baru dapat meningkatkan pelayanan dan ekonomi masyarakat.

 

Pembangunan Kantor Desa yang representatif ini menjadi kebanggan masyarakat. Pasalnya, pada pembangunan Kantor Desa Brangkal itu, kedepannya akan dibangun juga Ruang Terbuka Hijau (RTH) yakni Brangkal Firal Park.

 

Diketahui, pada pembangunan RTH Brangkal Firal Park terdapat berbagai fasilitas seperti outbond, camping ground, agro wisata dan edukasi, play ground, pujasera, pusat oleh-oleh, wahana bermain, wisata hiburan, serta terdapat Pendopo Majapahit Culture.

 

Peresmian Kantor Desa Brangkal yang bersumber dari Dana Bantuan Keuangan (BK) Desa tahun 2022 ini, ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Ikfina, didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Setia Pudji Lestari, Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo, Forkopimca Sooko, dan seluruh kepala desa se-Kecamatan Sooko.

 

“Harapannya tentu nanti Pemerintah Desa Brangkal akan bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada masyarakatnya dan tentunya ini nanti akan semakin bisa menggerakkan roda perekonomian di Desa Brangkal dan Desa Brangkal akan semakin berkembang tidak hanya viral saja tetapi betul-betul nanti menjadi bagian dari suatu kawasan pendukung,” ucap Ikfina, Kamis (9/3) pagi.

 

Selain itu, dalam meresmikan gedung Kantor Desa yang bernuansa putih dan kedepanya terdapat RTH Brangkal Firal Park itu, Bupati Ikfina menilai, bahwa pemerintah daerah harus menambah RTH untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

 

“Dalam kita merencanakan pembangunan dasar, salah satu SPM ini kita harus memenuhi presentase dari ruang terbuka hijau, yang tidak cukup hanya membuat ruang terbuka hijau di Kabupaten Mojokerto, tetapi bagaimana ada ruang untuk anak-anak kita berekspresi, ada mainan untuk anak-anak, dan memberikan sumbangsih terhadap peningkatan perekonomian warga setempat,” bebernya.

 

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga meminta pada pengembangan pembangunan kedepannya baik di gedung Kantor Desa Brangkal dan RTH Brangkal Firal Park untuk menambahkan detail-detail dari kerjaan Majapahit dan beberapa ornamen yang berkaitan dengan Candi Wringin Lawang maupun Surya Majapahit agar City Branding Kabupaten Mojokerto yakni Full of Majapahit Greatness semakin melekat.

 

Hal tersebut perlu dilakukan, karena Ia mengatakan, sesuai dengan arahan presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi maka daerah harus memiliki branding.

 

“Mungkin nanti akan mengingatkan bahwa, RTH ini adalah berada di kawasan bekas dari pusat Kerajaan Majapahit, ini sangat luar biasa,” ujarnya.

 

Bupati Ikfina juga berharap, dengan diresmikannya Kantor Desa Brangkal dapat menjadi suatu hal yang positif dan produktif untuk masyarakat Desa Brangkal maupun Kecamatan Sooko.

 

“Mudah-mudahan pembangunan Kantor Desa Brangkal ini akan semakin meningkatkan kinerja dari Pemerintah Desa Brangkal sendiri dan akan memberikan kontribusi yang semakin positif dan semakin produktif untuk masyarakat Desa Brangkal,” pungkasnya.

 

Diketahui dalam meresmikan Kantor Desa Brangkal tersebut, Desa Brangkal juga menggelar tradisi Ruwah Desa untuk bersih desa dan ucapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. (Tik)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *