Media Lokal Mojokerto Mampu Angkat Nama Baik Bupati Mojokerto

Jogjakarta – mojokertopos.com : Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto mengadakan Workshop Peningkatan Peran Media Sebagai Mitra Pemerintah Daerah. Workshop tersebut dilaksanakan di Lynn Hotel Yogyakarta pada hari Rabu & Kamis (9-10/11/2022).

 

Direktur Indonesia Indicator, Gani Kartiwa Adiwisastra menjelaskan, ekpose pemberitaan Bupati Mojokerto menempati urutan ke 5 dari 38 Kepala Daerah se-Jawa Timur. Total pemberitaan Bupati Mojokerto dari 1 Januari 2022 – 31 Oktober 2022 ada sebanyak 5957 berita.

 

“Sementara itu untuk sentimen pemberitaan media Mojokerto adalah terkait Bau Limbah PT Enero. Kemudian berita terkait Kontroversi Monumen Garuda Pancasila. Kemudian berita terkait Harimau Mojokerto Nusantara (HMN) Kritisi Kepemimpinan Bupati Ikfina. Dan yang terakhir berita terkait Demo Kerusakan Lingkungan Dampak Galian C,” ungkap Gani.

Ranking Media Mojokerto

Ranking Media Mojokerto dalam jumlah pemberitaan kegiatan Pemerintah Kabupaten Mojokerto dimenangkan oleh Inilah Mojokerto. Kemudian rangking ke-2 Sadhap News, rangking ke-3 Mojokerto Pos, ranking ke-4 Radar Mojokerto, ranking ke-5 Pena Rakyat News, ranking ke-6 Majalah Global, ranking ke-7 Index Berita, ranking ke-8 Maja News, ranking ke-9 Maja Mojokerto dan ranking ke-10 Media All Round.

 

“Perlu diketahui, kategori Informasi itu ada Program, Endorse dan Seremonial. Informasi yang diangkat harus yang menjadi perhatian publik, punya dampak dan berpengaruh yang besar kepada publik, variatif dan positif untuk Pemkab Mojokerto,” terang Gani.

 

Sementara itu, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dalam arahannya berharap berita jangan hanya bersumber dari kegiatan Bupati tetapi dari kegiatan OPD juga.

 

“Media sangat mempengaruhi persepsi masyarakat. Mari kita bersinergi dengan baik. Tolong jngan hanya sekedar dipublish di media tetapi juga sebarluaskan melalui media sosial agar mampu menjangkau seluruh penduduk Mojokerto. Dan yang terakhir saya sangat setuju jika anggaran untuk media ditingkatkan lagi untuk kebaikan kita bersama,” jelas Bupati Ikfina.

 

Disisi lain, Kepala Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto bersyukur workshop hari ini bisa terlaksana dan dihadiri langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

 

“Hari kamis nya bakal Lava Tour Merapi dan sama-sama menggunakan seragam Sistem Informasi Kerjasama Media (Si Jamed) yang tidak ada di Diskominfo Kabupaten lain. Jadi dengan aplikasi Si Jamed, Diskominfo Kabupaten Mojokerto melakukan pemesanan berita Advertorial kepada masing-masing media untuk meliput kegiatan Bupati, Ibu Bupati tadi sudah setuju akan meningkatkan anggaran media untuk kebaikan kita bersama,” pesan Ardi. (Tik)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *