Pasar Keramat Pacet Jadi Icon Ekonomi dan Ekologi

Mojokertopos.com – Desa Warugunung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto kini memiliki satu pusat penggerak ekonomi masyarakat. Diprakarsai masyarakat Dusun Wonokerto, yang bekerjasama dengan berbagai pihak, mampu menyulap lahan bambu kosong menjadi satu tempat wisata.

 

Masyarakat menyebutnya Pasar Keramat, dimana Dusun Wonokerto sendiri memiliki julukan terkenal, yakni Keramajetak. Menyuguhkan jajanan tradisional dan berbagai pernak-pernik unik terbuat dari bambu, Pasar Keramat beroperasi setiap dua minggu sekali, tepatnya di hari Minggu pagi.

 

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati pun berkesempatan berkunjung ke Pasar Keramat dalam rangka peresmian beroperasinya pasar rakyat tersebut. Melihat suasana pasar yang berbeda, Bupati Ikfina pun berharap Pasar Keramat bisa menjadi icon ekonomi dan ekologi di Kabupaten Mojokerto.

 

“Pasar ini lain dari pada yang lain. Pasar ini sudah memberikan banyak inspirasi kepada kita semua. Ini bagian dari pengembangan potensi desa, karena kita sekarang didorong untuk mandiri secara fiskal,” ungkap Ikfina, Minggu (19/2).

 

Tak hanya menjadi pusat penggerak ekonomi masyarakat, Bupati Ikfina juga mengapresiasi kebijakan masyarakat untuk tidak menggunakan kemasan makanan berupa plastik. “Selain makanannya tradisional, pemilihan kemasan makanan yang tidak dari plastik ini juga sangat bagus, sehingga sampah kita bisa dikurangi,” tuturnya.

 

Kedepannya, Bupati Ikfina berharap Pasar Keramat juga akan menjadi salah satu tempat rekreasi yang komplit. Masyarakat tidak hanya berkunjung untuk berbelanja, namun juga bisa melakukan aktifitas edukasi di Pasar Keramat ini.

 

“Pasar Keramat ini akan menjadi pioner, dimana tidak hanya perdagangan, tapi ada edukasi, ada seni budaya juga yang disajikan di sini. Entah itu edukasi pengelolaan sampah atau edukasi terkait manfaat tanaman bambu ini untuk kehidupan manusia setiap harinya,” harapnya.

 

Melihat situasi di Pasar Keramat hari ini, dengan ratusan pengunjung yang tidak hanya masyarakat lokal saja, Bupati Ikfina mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto bahkan daerah sekitar Kabupaten Mojokerto untuk terus mendukung perkembangan Pasar Keramat ini.

 

“Kami mohon dukungannya, Pasar Keramat ini akan bisa terus beroperasi dengan kehadiran semua pengunjung ke sini. Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto pun juga akan terus berupaya mendukung pengembangan Pasar Keramat ini, sehingga icon Kabupaten Mojokerto bisa terus bertambah dan bervarian,” tukasnya. (Tik).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *